Syarat Bidik Misi 2013 dan Penjelasannya
Sponsored Link
Syarat Bidik Misi 2013 - Assalamualaikum wr.wb. kali ini saya akan menulis tentang Syarat Bidik Misi untuk tahun 2013 karena pasti banyak teman - teman yang mencari info tentang ini.Seperti yang kita ketahui bahwa, Bidik Misi adalah Bantuan biaya pendidikan yang diberikan untuk mahasiswa baru yang kurang mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik yang baik. Dan kegiatan Bidik Misi ini dimulai sebelum SNMPTN.
Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang Difasilitasi
1. Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN )
2. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN )
3. Seleksi Lokal ( Mandiri ) Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( Difasilitasi untuk 1 Perguruan Tinggi )
Biaya BidikMisi 2013
Bidik Misi untuk 2013 memberikan fasilitas kepada penerima sebagai berikut :
1. Bantuan biaya hidup kurang lebih sebesar Rp.600.000 per bulan secara langsung
2. Bantuan biaya pendidikan kurang lebih Rp.400.000 per bulan yang dikelola oleh PTN sendiri.
3. Biaya kedatangan pertama (resetlement) yang diberikan 1 kali pada semester satu.
Persyaratan untuk Bidikmisi 2013
Persyatan pendaftaran program Bidikmisi 2013 adalah sebagai berikut :
1. Siswa - siswi SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2013
2. Lulusan siswa - siswi tahun 2012 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing- masing PTN
3. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun
4. Kurang mampu di bidang ekonomi meliputi :
a. Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali sebesar-besarnya Rp3.000.000,00 setiap bulannya.
b. Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar besarnya Rp.600.000 setiap bulannya.
c. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4.
5. Pertimbangan khusus diberikan kepada pendaftar yang memenuhi persyaratan 1 s.d. 4, serta mempunyai prestasi ko-kurikuler maupun ekstra kurikuler paling rendah peringkat ke-3 di tingkat Petunjuk ini masih bisa berubah sebelum penerbitan Pedoman Bidikmisi 2013 kabupaten/kota atau prestasi non kompetitif lain yang tidak ada pemeringkatan (minimal ketua organisasi siswa sekolah/OSIS)
6. Potensi akademik dan prestasi yang dimaksud pada butir 5 dan 6 dinyatakan dengan rekomendasi Kepala Sekolah/Madrasah atau Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota pada laman http://daftar.bidikmisi.go.id
Pendaftaran Bidik Misi 2013
Prosedur pendaftaran program Bidikmisi 2013 adalah sebagaimana dijelaskan sebagai berikut
PENDAFTARAN BIDIKMISI Tahapan pendaftaran program Bidikmisi adalah sebagai berikut
1. Sekolah melakukan pendaftaran pada laman http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id/sekolah/daftar dan ikuti petunjuk pendaftaran yang tertera
2. Sekolah akan mendapatkan kode akses yang akan diverifikasi paling lama 1 x 24 jam pada hari dan jam kerja.
3. Sekolah menggunakan kombinasi NPSN dan Kode akses yang sudah diverifikasi pada laman http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id/sekolah/login
4. Sekolah mengisi data yang dibutuhkan mulai data unas, prestasi murid dalam sekolah, daftar siswa yang akan lulus 2013 dan sudah lulus 2012 dan merekomendasikan yang memenuhi persyaratan program Bidikmisi
5. Siswa mendaftar bidikmisi melalui http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id/siswa/login dan mengisi data sesuai petunjuk di dalam sistem pendaftaran
6. Siswa yang sudah sampai pada tahapan memilih seleksi akan mendapatkan PIN yang jika diminta dapat digunakan pada laman pendaftaran seleksi masuk Persiapan dokumen yang harus disiapkan oleh masing masing pendaftar program Bidikmisi :
a. Kartu dan formulir pendaftaran program Bidikmisi yang bisa dicetak seusai ujian nasional di sistem pendaftaran Bidikmisi
b. Surat keterangan miskin dari desa/kelurahan setempat, dalam hal tidak memiliki akses terhadap desa/kelurahan bisa diganti dengan surat keterangan dari rt/rw/tokoh masyarakat.
c. Surat keterangan gaji (khusus pegawai negeri/swasta) atau surat pernyataan dari orang tua (khusus pegawai informal/wiraswasta) yang mencantumkan rata rata pendapatan selama 6 bulan terakhir dari ayah dan ibu.
d. Fotokopi tagihan listrik, tagihan air, tagihan internet, bukti pembayaran PBB bila ada untuk 3 bulan terakhir. Dalam hal listrik, air dan internet dipakai bersama agar ditambahkan surat keterangan estimasi pengeluaran bulanan.
e. Bukti bukti prestasi yang dicantumkan dalam bentuk sertifikat / foto piala yang mencantumkan nama dan diperkuat dengan surat keterangan dari sekolah.
f. Surat keterangan / dokumen / ijasah dari kepada sekolah tentang kelulusan jenjang pendidikan sebelumnya.
g. Fotokopi raport / laporan hasil studi dari semester 1 Semua dokumen tidak perlu dikirimkan ke PT yang dilamar, hanya perlu dibawa pada saat pendaftaran ulang mahasiswa. Hal ini berlaku kecuali ditentukan lain oleh PT Terkait.Petunjuk ini masih bisa berubah sebelum penerbitan Pedoman Bidikmisi 2013.
Pendaftaran Seleksi Masuk
Seusai mendaftar Bidikmisi, peminat harus mendaftar seleksi masuk perguruan tinggi. Diantaranya SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Lokal (Mandiri) Pendaftar Bidikmisi agar mengikuti ketentuan dan prosedur yang ditetapkan oleh masing masing seleksi tersebut. MENGIKUTI SELEKSI MASUK Peserta yang sudah terdaftar akan diseleksi sesuai dengan ketentuan masing masing seleksi masuk, dan jika lulus seleksi masuk, dapat melakukan daftar ulang dengan ketentuan panitia seleksi masuk dan Bidikmisi PENDAFTARAN ULANG PROGRAM BIDIKMISI Peserta yang lulus seleksi masuk (SNMPTN, SBMPTN, Seleksi Mandiri) agar membawa dokumen yang disyaratkan panitia seleksi masuk dan program Bidikmisi.
Yang Perlu Diketahui Tentang Program Bidik Misi
Berikut ini hal hal yang perlu anda ketahui tentang program Bidikmisi :
1. Pendaftaran program Bidikmisi bebas biaya, baik biaya daftar, biaya seleksi dan biaya biaya lainnya. Anda wajib melaporkan pihak yang masih memungut biaya dalam program ini ke bidikmisi@dikti.go.id untuk kami tindak tegas
2. Bidikmisi membebaskan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi negeri
3. Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan, bukan seleksi masuk sehingga peserta harus lulus seleksi masuk perguruan tinggi negeri untuk mendapat program Bidikmisi
4. Sekolah wajib memfasiltiasi rekomendasi program Bidikmisi, jika ada sekolah yang tidak memfasilitasi bisa dilaporkan ke bidikmisi@dikti.go.id untuk kami koordinasikan.
5. Kecurangan dalam hal rekomendasi, seleksi dan verifikasi bidikmisi akan secara langsung merugikan pendaftar lainnya. Jika dijumpai hal hal seperti
pendaftar lainnya. Jika dijumpai hal hal seperti yang sudah disebutkan agar melaporkan ke
bidikmisi@dikti.go.id
Kami dapat dihubungi melalui media resmi sebagai berikut
1. email melalui bidikmisi@dikti.go.id
2. facebook melalui http://facebook.com/program.bidik.misi
3. twitter melalui http://twitter.com/bidikmisi
4. helpdesk melalui http://bidikmisi.dikti.go.id/bantuan
5. Chat resmi melalui laman website http://bidikmisi.dikti.go.id
Sumber : http://bidikmisi.ipb.ac.id
Post a Comment